Rabu, 25 Mei 2011

PERENCANAAN STRATEGI UNTUK ORGANISASI SOSIAL

oleh Wirausaha Mandiri pada 24 Mei 2011 jam 20:53

PERENCANAAN STRATEGI UNTUK ORGANISASI SOSIAL
Seringkali organisasi social sulit dalam mengembangkan dirinya. Hal ini dikarenakan, disamping factor kelemahan dana, pengelolaan yang tidak professional. Padaha jika saja organisasi social dikelola dengan professional,maka pelayanannya terhadap masyarakat akan semakin meningkat. Tidakl hanya itu, organisasi tersebut akan dapat pesat perkembangannya sebagaimana layaknya lembaga profit. Karena itu, organisasi social perlu menerapkan ilmu manajemen secara serius dan konsisten.
Salah satu ilmu manajemen yang perlu diterapkan oelh organisasi social adalah perencanaan strategis. Perencanaan Strategis sendiri awalnya berasal dari ilmu kemiliteran yait ilmu para jenderal untuk memenangkan sebuah pertempuran dengan strategi yang jitu. Ilmu ini yang kemudian dimodifikasi oleh para pelaku bisnis untuk diterapkan dalam persaingan bisnis mereka.
Hal pertama yang dilakukan sebelum melakukan perencanaan strategis adalah perlunya diadakan pertemuan untuk menentukan siapa saja yang akan terlibat dalam pengambilan keputusan dan juga untuk membuat kesepakatan serta komitmen diantara pembuat keputusan tersebut.
Setelah itu dilanjutkan dengan menetapkan langkah-langkah perencanaan strategis agar penerapan strategis tersebut efektif dilakukan. Langkah – langkah tersebut adalah sebagai berikut :
1. Memperjelas Mandat dan misi organisasi
2. Merumuskan Visi Sukses Organisasi
3. Membuat Analisa Kemampuan Organisasi
4. Merumuskan Strategi
5. Membuat perencanaan dan Anggaran

0 komentar: